4 Cara Mengatasi Bad Mood yang Ampuh

  • Februari 17, 2021
Cara mengatasi bad mood

Ketika datang bulan, wanita tak hanya mengalami gejala fisik yang membuat tubuh terasa tidak nyaman seperti nyeri atau kram pada perut, tetapi juga gejala emosional. Salah satunya mood atau suasana hati yang buruk, kondisi ini sering dirasakan wanita ketika memasuki waktu datang bulan, saking tidak nyamannya banyak wanita yang mencari cara mengatasi bad mood ini.

Suasana hati yang buruk saat datang bulan sebenarnya merupakan efek dari premenstrual syndrome (PMS), umumnya kondisi ini terjadi mulai dari 1-2 sebelum datang bulan. Dana akan berhenti di hari ke-2 haid, tetapi ketika datang bulan suasana hati yang buruk ini bisa terjadi lebih parah. Ditandai dengan gejala fisik yang menimbulkan rasa tidak nyaman.

Pemicu Bad Mood Saat Datang Bulan

  1. Serotonin Menurun

Serotonin merupakan hormon yang mendorong rasa bahagia, membantu mengatur suasana hati, nafsu makan dan kemampuan dalam mendapatkan tidur nyenyak. Jika kadar hormon ini rendah akan menimbulkan perasaan sedih, meskipun tidak ada pemicunya sekalipun dan hal ini juga terjadi saat datang bulan.

  1. Kualitas Tidur Buruk

Kualitas tidur juga dapat memengaruhi suasana hati, ketika menstruasi hormon serotonin wanita menurun dan berpengaruh pada kualitas tidur. Jika pola tidur menjadi buruk bisa memicu kelelahan mental dan memiliki efek buruk pada suasana hati.

  1. Perubahan Nafsu Makan

Ketika menstruasi datang, wanita kerap mengalami perubahan nafsu makan seperti rasa ingin mengonsumsi makanan manis dan karbohidrat yang tinggi. Jenis makanan ini memang dapat meningkatkan kadar serotonin, tapi hanya bersifat sementara. Setelah itu hormon ini akan menurun drastis dan menyebabkan depresi mendalam.

  1. Tidak Berolahraga

Suasana hati buruk saat menstruasi juga bisa disebabkan karena kelelahan, bukan karena tubuh aktif dalam bergerak tetapi sebaliknya. Jarang berolahraga bisa menyebabkan kondisi tersebut terjadi, gaya hidup pasif bisa menurunkan suasana hati yang membuatnya justru menjadi lebih mudah depresi.

Cara Mengatasi Bad Mood

Bisa jadi tidak sering atau selalu terjadi, namun perubahan mood saat datang bulan bisa dikendalikan agar bisa mengurangi rasa tidak nyaman ketika beraktivitas. Terdapat beberapa cara untuk bisa mengatasi perubahan mood saat datang bulan, khususnya mood yang buruk dan bisa mengganggu kondisi tubuh, berikut di antaranya.

  1. Menangis

Menangis bisa membuat seseorang lega, dengan meluapkan perasaan dan tak perlu gengsi atau malu. Karena menangis bisa membuat seseorang merasa lebih baik dari sebelumnya, kebanyak orang mengakui hal ini terutama ketika mood mereka sedang buruk.

  1. Pola Hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat, bisa dengan berolahraga setiap hari seperti bersepeda, berjalan santai menghirup udara segar, berenang hingga olahraga lain yang disukai. Cukupi kebutuhan waktu tidur dan istirahat, serta konsumsi makanan gizi seimbang dan makanan yang bisa membantu memperbaiki mood.

  1. Berpikir Positif

Berpikir positif bisa dengan mengingat kebaikan dan kasih sayang dari orang-orang sekitar bisa membantu menghilangkan bad mood. Berpikir positif juga memiliki dampak baik bagi kesehatan fisik dan mental.

  1. Lakukan Hal Positif

Bisa dilakukan dengan berjalan-jalan di taman, hirup udara segar dan mendengarkan musik favorit bisa menjadi pilihan seseorang sebagai cara untuk mengusir suasana hati yang buruk, khususnya saat datang bulan.

Selain itu menghindari perdebatan yang tidak perlu sebelum dan saat datang bulan juga diklaim merupakan cara mengatasi bad mood yang ampuh. Terutama jika membahas mengenai masalah keuangan, hubungan percintaan atau masalah personal lainnya.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*