takut rumah angker

3 Penyebab Seseorang Takut Rumah Angker

  • Desember 26, 2020

Pernahkah Anda mendengar istilah hauntophobia? Nah, ini adalah istilah untuk merujuk pada rasa takut ketika melihat rumah angker. Takut rumah angker ini mungkin perlahan akan hilang ketika beranjak dewasa. Namun, kadangkala, rasa takut itu tak kunjung hilang dan justru semakin parah. Hal ini bisa diindikasikan sebagai fobia. apakah Fobia sama dengan takut? Mari kita bahas lebih lengkapnya.

Takut Vs Fobia, Apa Bedanya?

Untuk membedakan rasa takut yang dimiliki terhadap rumah angker, bisa dilihat dari dua hal ini.

  • Tingkat Keparahan

Anda perlu mencari tahu apakah rasa takut yang dimiliki muncul hanya saat Anda memasuki rumah angker, atau Anda sudah merasa takut bahkan ketika Anda hanya lewat di areanya saja. Seberapa intens ras atakut tersebut perlu untuk diketahui.

  • Alokasi Waktu

Penting juga untuk dipertimbangkan, seberapa banyak waktu Anda tercurahkan hanya untuk memikirkan rasa takut rumah angker atau objek-objek seram sejenisnya. Bisa saja Anda mungkin hanya merasa takut saat setelah menonton film horror, atau ketika berada di lokasi yang baru bagi Anda.

Dari kedua poin tersebut, manakah situasi yang mendominasi Anda. Rumah yang menyeramkan sudah sewajarkan akan menimbulkan ketakutan pada hampir semua orang. Sedangkan orang yang memiliki fobia, biasanya sudah merasakan takut yang disertai berbagai gejala ketika bahkan hanya saat melihat foto atau mendengar tentang rumah angker saja.

Gejala-gejala fobia tersebut biasanya muncul seperti:

  • Detak jantung menjadi sangat cepat
  • Mual
  • Tubuh gemetar
  • Berkeringat dingin
  • Napas tersengal
  • Pusing

Penyebab Rasa Takut Rumah Angker

Rasa takut memang manusiawi dimiliki oleh setiap orang, terlebih ketika melihat rumah angker. Ditambah lagi bagaimana penggambaran rumah angker di media maupun dari cerita-cerita yang didengar.

Ada beberapa hal yang membuat seseorang merasa takut atau mungkin fobia terhadap rumah angker.

  • Adanya Reaksi Otak

Ketika melihat rumah angker, ada bagian di otak yang mengingatkan bahwa ada sesuatu yang mengancam atau berbahaya. Sehingga muncul tindakan hati-hati atau waspada terhadap rumah yang disebut angker. Kondisi ini juga akan menyebabkan munculnya rasa panik, tegang, hingga takut.

  • Imajinasi

Biasanya, rumah angker tersebut tidak memberikan ancaman yang benar-benar nyata. Biasanya ini muncul dari imajinasi manusia yang semakin liar. Hal ini membuat seseorang menjadi tidak tenang karena “ancaman” yang dihadapi bersifat abstrak.

  • Merasa Terjebak

Rumah angker disebut memberikan sensasi terjebak yang tidak nyaman pada seseorang. Ketika seseorang berpikir bagaimana cara melarikan diri, imajinasi membantu merekonstruksi bangunan rumah yang gelap dan asing sehingga akan membuat proses melarikan diri menjadi lebih lambat.

Cara Mengatasi Fobia Atau Takut Rumah Angker

Sama seperti fobia lainnya, rasa takut akan rumah angker ini bisa diatasi dengan melakukan terapi psikologis, terapi alternatif, dan juga pemberian obat.

Penanganan atas fobia yang spesifik ini biasanya disesuaikan dengan kondisi orang yang bersangkutan. Jika seseorang yang mengalami fobia menjadi terganggu dengan rasa takut yang dimilikinya, maka perlu segera mendapat penanganan.

Orang terdekat seperti keluarga, pasangan, saudara, atau sahabat harus memahami fobia spesifik yang dialami. Sebab, rasa takut biasa dengan fobia itu berbeda. Sehingga ketika orang yang mengalami fobia diminta untuk tidak perlu takut, tentu hal itu tidak efektif bagi penderita fobia rasa takut rumah angker. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*