20 Pelanggaran Bola Basket yang Bisa Terjadi Selama Permainan

  • Januari 3, 2022

Semua jenis olahraga pasti memiliki pelanggaran yang harus dihindari saat bermain. Salah satu olahraga yang banyak digemari oleh semua kalangan adalah bola basket. Selain mempelajari cara bermain yang baik, ada beragam pelanggaran bola basket yang harus diketahui pula jika Anda baru ingin belajar bermain basket.

Dalam permainan, terdapat sejumlah istilah pelanggaran bola basket yang mungkin terjadi selama permainan, naik yang melibatkan pemain hingga pelatih di pinggir lapangan. Biasanya, pelanggaran ini mengacu kepada kesalahan yang dilakukan pemain saat memegang bola dan juga posisi bertahan. Berikut ini ragam pelanggaran bola basket atau foul yang bisa terjadi.

  1. Personal foul

Pelanggaran ini dilakukan oleh perseorangan dan sangat sering terjadi selama pertandingan berlangsung. Kesalahan ini biasanya berupa melakukan defense atau reaching yang salah. Hukuman yang akan diberikan jika personal foul terjadi adalah turnover.

Di NBA sendiri, maksimal pemain diperbolehkan melakukan personal foul hanya sebanyak lima kali. Jika lebih dari itu, maka pemain akan dikeluarkan atau foul out.

  1. Team foul

Pelanggaran bola basket juga bisa dilakukan secara kumulatif oleh satu tim. Misalnya, jika lima pemain masing-masing telah melakukan satu pelanggaran, maka total pelanggaran tersebut adalah 5 kali team foul.

Pelanggaran ini dilakukan per kuarter. Apabila team foul terjadi kurang dari 5, maka hukuman yang diberikan berupa lemparan ke dalam. Sedangkan jika pelanggaran yang terjadi mencapai 5 kali maka hukumannya berupa free throw. Akan tetapi, team foul ini tidak berlaku untuk shooting foul dan blocking foul.

  1. Offensive foul

Dikatakan offensive foul adalah ketika pemain penyerang melakukan tabrakan dengan pemain bertahan lawan yang sudah melakukan posisi defense yang benar. Jika pelanggaran bola basket ini terjadi, maka akan menghilangkan possesion ball. Selain itu, hukuman yang akan didapatkan adalah perpindahan bola atau turnover.

  1. Technical foul

Salah satu pelanggaran berat dalam permainan bola basket adalah technical foul. Hal ini terjadi ketika pemain mengeluarkan kata-kata proaktif atau gerakan yang berlebihan sehingga bisa memancing percekcokan.

Apabila pelanggaran bola basket yang ini terjadi, wasit bisa mengeluarkan pemain dari pertandingan.

  1. Travelling foul

Pelanggaran bola basket yang sering dilakukan oleh pemain baru adalah travelling foul atau melakukan dua langkah berturut tanpa melakukan dribble. Tidak hanya terjadi pada pemain baru, bagi pemain senior juga sering terjadi ketika bingung untuk mencari ruang tembak sehingga sering melakukan step back yang berlebihan.

Hukuman yang akan diberikan ketika kesalahan ini terjadi adalah perpindahan bola atau turnover.

  1. Blocking foul

Ketika salah satu pemain dengan sengaja menghentikan gerak pemain lawan secara tiba-tiba sehingga pemain lawan kehilangan keseimbangan, maka pelanggaran ini disebut dengan blocking foul.

Hukuman dari jenis pelanggaran bola basket ini adalah free throw yang dilakukan oleh tim lawan.

  1. Jumping foul 

Pelanggaran ini akan terjadi jika pemain sudah melakukan posisi jump shot akan tetapi membatalkannya. Maka, hukuman yang akan diberikan adalah turnover.

  1. Flagrant foul

Pelanggaran bola basket yang satu ini sangat tidak etis untuk dilakukan karena pemain dengan sengaja memukul pemain lawan atau mencederainya dan mengajak berduel. Sehingga, pelanggaran ini dimasukkan ke dalam pelanggaran berat.

Jika flagrant ini terjadi maka hukuman yang akan diberikan bisa berupa free throw, foul out, atau bahkan skorsing.

  1. Pushing foul

Pushing foul adalah pelanggaran karena mendorong pemain sehingga musuh menjadi tidak seimbang atau terjatuh. Jika ini terjadi, maka hukuman yang diberikan adalah turnover.

  1. 3 seconds violation

Ketika pemain berada di paint area, maka ia harus aktif melakukan gerakan, baik saat defense maupun offense. Apabila pemain tidak melakukan gerakan selama tiga detik, maka terjadilah pelanggaran dan akan mendapat hukuman berupa lemparan ke dalam atau free throw.

  1. Backcourt violation

Jika pemain sudah melewati garis tengah lapangan, namun melakukan dribble kembali ke wilayah pertahanan maka pelanggaran backcourt ini terjadi. Turnover akan dilakukan pada pelanggaran bola basket ini.

  1. 24 seconds violation

Ini terjadi ketika pemain tidak bisa memanfaatkan waktu 24 detik untuk melakukan possesion yang berujung pada shooting, dunk, atau lay up. Sehingga akan terjadi turnover bila pelanggaran ini terjadi.

  1. Offensive 3 seconds

Turnover juga akan terjadi ketika pemain melakukan pelanggaran offensive 3 seconds, yaitu ketika pemain diam selama 3 detik atau lebih di paint area lawan.

  1. Defensive 3 second

Pelanggaran bola basket yang berkaitan dengan waktu yang lainnya adalah deffensive 3 second. Ini akan terjadi apabila pemain tidak melakukan gerakan selama 3 detik di paint area defense ketika lawan melakukan offense. Hukuman yang akan diberikan berupa free throw 1 kali.

  1. 8 seconds violation

Turnover juga akan diberikan jika pemain melakukan dribble di wilayah sendiri selama lebih dari 8 detik.

  1. Double dribble

Yaitu pelanggaran yang dilakukan jika pemain melakukan dribble lagi setelah berhenti sejenak. Sebab, ketika pemain telah berhenti dribble, maka yang harus dilakukan adalah passing atau shooting ke ring lawan. Jadi, jika pelanggaran bola basket ini terjadi, hukuman yang diberikan adalah turnover.

  1. Carrying the ball

Kesalahan ini terjadi karena pemain melakukan gerakan dribble memutar bola. Hukumannya adalah pemindahan bola atau turnover.

  1. Shot clock violation

Pelanggaran yang dilakukan jika pemain melakukan shoot setelah sepersekian detik setelah waktu 24 detik. Apabila ini terjadi setelah masuk ke ring lawan, maka poin tidak akan dihitung, dan melakukan turnover.

  1. Illegal screen

Illegal screen ini terjadi karena pemain melakukan posisi screen yang salah dalam permainan pick and roll. Hukuman yang akan diberikan adalah turnover.

  1. Foul out

Pelanggaran bola basket yang terakhir adalah foul out, yakni ketika pemain sudah melakukan pelanggaran lebih dari 5 kali. Foul out di sini diartikan sebagai pemain yang dikeluarkan sehingga tidak bisa melanjutkan pertandingan.

Jadi, itulah beragam pelanggaran bola basket yang bisa terjadi selama pertandingan berlangsung.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*