10 Minuman Pelancar BAB Alami yang Dapat Dicoba

  • Februari 2, 2021

Sembelit alias susah buang air besar bisa terjadi pada siapa saja. Apalagi pada orang yang kekurangan cairan, stres, kurang serat, hingga orang yang jarang berolahraga. Memperlancar BAB tidak hanya dengan obat-obatan, tetapi juga bisa dengan mencoba beragam minuman pelancar BAB alami.

Beragam Minuman Pelancar BAB alami yang Bisa Dicoba

Biasanya ibu hamil, anak-anak, dan mereka yang sudah berusia lanjut memang rentan mengalami susah buang air besar. Agar tidak sembelit, ada beberapa minuman pelancar BAB yang dapat dicoba.

  1. Air Perasan Lemon

Diketahui bahwa lemon mengandung vitamin C yang dapat menarik air ke dalam usus. Sehingga dapat membuat feses jadi lebih lunak dan menjadi mudah dikeluarkan. Rasanya memang sangat asam, agar lebih mudah tertelan, Anda dapat mencampur perasan lemon tersebut dengan air putih.

  1. Teh Akar Licorice

Teh yang terbuat dari akar licorice ini adalah obat alami yang sudah terkenal mengatasi masalah pencernaan. Teh akar licorice ini mengandung antiradang yang baik buat pencernaan. Anda dapat meminum teh akar licorice ini setelah makan, sehingga akan menenangkan sistem pencernaan dan juga melancarkan buang air besar.

  1. Air Putih

Minuman pelancar buang air besar yang paling utama tentu saja air putih. Minuman yang kita minum setiap hari ini memang dikenal dapat mencegah dehidrasi dan juga mencegah sembelit. Anda dapat mengonsumsi air putih lebih banyak ketika mengalami sembelit agar tubuh tetap terus terhidrasi.

  1. Teh Dandelion

Minuman pelancar BAB lainnya adalah teh dandelion. Teh yang satu ini bisa membantu mengatasi masalah pencernaan ringan seperti sembelit atau pun perut kembung. Teh dandelion ini bisa merangsang organ hati memproduksi cairan empedu yang dapat melancarkan buang air besar. Teh dandelion ini juga memiliki sifat diuretik yang dapat meningkatkan kadar air dalam feses dan sistem pencernaan.

  1. Teh Jahe

Sembelit yang terjadi akibat adanya gangguan pencernaan, maka jahe bisa menjadi solusi alami yang bisa Anda coba di rumah. Teh jahe ini dapat mengatasi iritasi sistem pencernaan. Selain itu, minum teh jahe ini 1-2 cangkir sehari bisa membantu tubuh memproses makanan yang masuk ke tubuh dan membuat buang besar jadi lancar.

  1. Teh Peppermint

Tanaman peppermint yang mengandung menthol ini dapat menenangkan sakit perut saat mengalami sembelit. Nah, untuk memperlancar buang air besar Anda, tak ada salahnya mencoba minum teh peppermint yang dapat dibuat di rumah.

  1. Teh Chamomile

Mengonsumsi teh chamomile setelah ANda makan diyakini bisa menenangkan otot bagian usus dan melancarkan buang air besar saat mengalami sembelit. Tidak hanya aromanya yang harum, teh chamomile ini juga dapat membuat sistem pencernaan Anda sehat.

  1. Jus Apel

Ternyata jus apel juga jadi salah satu minuman pelancar BAB saat Anda mengalami sembelit. Dalam jus apel mengandung pektin yang merupakan serat yang larut dalam air dan membuat BAB menjadi lancar. Terlebih apel juga mengandung serat tinggi yang dapat menyehatkan sistem pencernaan. 

Tapi ingat, selain pektin, dalam apel juga terkandung fruktosa yang tinggi. Sehingga tidak disarankan jika dikonsumsi berlebihan karena dapat memunculkan rasa tidak nyaman pada sistem pencernaan, apalagi jika usus Anda sensitif.

  1. Jus Pir

Jus pir mengandung tinggi sekali sorbitol. Kandungan ini ampuh melunakkan feses dan membuatnya jadi lebih mudah dikeluarkan. Sehingga minum jus pir disebut sebagai salah satu minuman pelancar BAB yang patut dicoba.

  1. Jus Prune

Prune atau buah plum kering disebut sebagai minuman pelancar BAB selanjutnya. Jus prune ini kaya akan serat dan sorbitol. Menurut studi yang dilakukan, buah prune bahkan bisa menjadi penolong pertama saat menghadapi sembelit yang ringan hingga sedang.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*