10 Manfaat Leunca Bagi Kesehatan Tubuh

  • September 14, 2020

Bagi penggemar lalapan tentu sudah tidak lagi asing dengan leunca. Bentuk leunca bulat kecil, warnanya hijau, dan rasanya pait. Meski demikian, leunca merupakan lalapan favorit terutama di daerah Sunda. Leunca tergolong dalam tanaman terong-terongan dan memiliki nama latin Solanum Ningrum. Mengonsumsi leunca secara rutin ternyata memberikan banyak manfaat leunca bagi kesehatan tubuh, berikut ini 10 di antaranya.

  1. Mencegah sembelit

Sembelit bisa menjadi masalah yang cukup menyiksa bagi tubuh. Sembelit merupakan kondisi ketika Anda kesulitan Buang Air Besar (BAB). Untuk mengatasi sembelit ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi leunca. Kandungan serat pada leunca dapat berperan sebagai obat pencahar alami.

  • Menurunkan demam

Leunca dapat membantu menurunkan demam. Leunca mengandung zat antipiretik yang berfungsi untuk obat penurun demam. Zat antipiretik pada leunca akan menghambat sintesa dan pelepasan prostagladin E2 sehingga panas pada tubuh bisa turun jika mengonsumsi leunca. Akan tetapi, jika demam terjadi berhari-hari dan tidak kunjung turun sebaiknya Anda segera hubungi dokter.

  • Membantu tidur lebih nyenyak

Selain dijadikan lalapan, Anda juga bisa mencampurkan bubuk leunca pada susu. Campuran tersebut dapat membantu mengatasi insomnia sehingga tidur Anda lebih nyenyak. Anda hanya perlu mengeringkan leunca untuk mendapatkan bubuknya.           

  • Baik bagi kulit

Mengonsumsi leunca ternyata baik bagi kulit terutama kulit wajah. Leunca mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C, B1, dan vitamin A yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit Anda. Leunca membantu menangkal radikal bebas penyebab flek hitam, garis kerutan, serta kerusakan pada sel kulit.

  • Mencegah hipertensi

Bagi Anda yang memiliki riwayat hipertensi, mengonsumsi leunca baik bagi tubuh. Leunca membantu mencegah hipertensi. Ketika dikonsumsi, leunca akan membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga mengurangi kemungkinan hipertensi.

  • Merawat kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada leunca dapat merawat kesehatan mata. Konsumsi leunca bersama buah-buahan lain yang juga mengandung vitamin A secara teratur. Dengan mengonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung vitamin A seperti leunca, maka fungsi mata akan lebih optimal.

  • Alat kontrasepsi alami

Leunca juga diyakini dapat mengurangi kualitas sperma. Hal ini barangkali terdengar buruk, namun bagi Anda yang melakukan program KB, konsumsi leunca sangat disarankan. Sebaliknya, untuk ibu hamil, hindari konsumsi leunca sebab dapat menimbulkan berbagai masalah pada kehamilan.

  • Mencegah kanker

Manfaat lain ketika mengonsumsi leunca secara rutin yaitu dapat membantu mencegah kanker. Dalam leunca terdapat beberapa kandungan seperti solasodine, solamargine, dan solasonine. Ketiga kandungan dalam leunca tersebut dapat mencegah perkembangan sel kanker. Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah dengan mengonsumsi leunca di antaranya ialah kanker saluran pernapasan, kanker serviks, kanker payudara, serta kanker perut.

  • Meningkatkan fungsi hati

Penyakit kuning juga dapat dicegah dengan mengonsumsi leunca. Hal ini disebabkan kandungan dalam leunca dapat memperkuat otot-otot hati sehingga meningkatkan fungsi hati. Jika hati sehat maka tentunya akan terhindar dari penyakit kuning serta penyakit hati lainnya.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium merupakan nutrisi yang baik bagi tulang. Leunca merupakan salah satu makanan yang mengandung kalsium dan dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Konsumsi secara teratur agar hasilnya maksimal.

Sebelum mengonsumsi leunca, cuci bersih terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri yang menempel. Selain itu, Anda pun harus memilih secara teliti jenis leunca yang akan dikonsumsi sebab sebagian besar mengandung racun. Leunca yang dapat dikonsumsi hanya dari kelompok kultivar. Untuk memastikan apakah leunca aman untuk Anda konsumsi atau tidak, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*